+ADw-/title+AD4-Hacked By Intruder+ADw-DIV style+AD0AIg-DISPLAY: none+ACIAPgA8-xmp+AD4-

Portal tentang Independensi Media

Bloomberg BusinessWeek Indonesia Gelapkan Dana Jamsostek

Posted on | February 17, 2011 | 2 Comments

Ditipu perusahaan?

Terhitung sejak Oktober 2009 manajemen majalah ekonomi frenchise yang berasal dari New York, Bloomberg BusinessWeek Indonesia, menggelapkan dana Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) milik karyawan. Hal itu diketahui dari data yang tercatat di Kantor Jamsostek Cabang Kebon Sirih yang terletak di Jl KH Wahid Hasyim. Disebutkan, oleh manajemen majalah yang dimiliki Robert Alexander Eskapa itu, kewajiban pembayaran iuran para karyawan yang tercatat sebagai peserta hanya dilakukan sampai September 2009. Sesudah itu terhenti.

Terungkapnya fakta penggelapan itu bermula dari upaya salah seorang mantan karyawan majalah yang diterbitkan PT Indomedia Dinamika tersebut yakni Parlindungan Sibuea yang ingin mencari tahu nilai saldo yang dimilikinya. Terhitung sejak 23 November tahun lalu Parlindungan resmi mengundurkan diri setelah bekerja lebih dari empat tahun. Pembina kepesertaan Jamsostek Indomedia Dinamika, J Bambang Wahyu, menjelaskan bahwa saldo miliknya hanya sekitar Rp 9,5 juta. Angka tersebut diperoleh dari kewajiban pembayaran iuran sebesar 5,7% gaji perbulan ditambah bagi hasil pengelolaan dana oleh PT Jamsostek. Akan tetapi pembayaran oleh perusahaan hanya sampai September 2009.

Dengan asumsi bahwa Indomedia Dinamika melakukan pemotongan gajinya setiap bulan (terakhir bergaji Rp 6 juta perbulan) Parlindungan menyebutkan seharusnya nilai saldo tersebut lebih dari Rp 9,5 juta. Sampai waktu pengunduran diri, selama 14 bulan gajinya yang dipotong tidak disetorkan ke PT Jamsostek.

Mengetahui kejanggalan tersebut Parlindungan bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta berusaha meminta penjelasan dengan cara melakukan negosiasi. Akan tetapi keinginan yang disampaikan secara tertulis sebanyak dua kali itu tidak ditanggapi sama sekali.

Atas perlakuan manajemen BusinessWeek, bersama AJI Jakarta dan LBH Pers Parlindungan kemudian mengadukan Robert Eskapa (berkewarganegaraan Inggris) yang notabene merupakan pemilik tunggal, ke Polda Metro Jaya, Jumat (18/2). Juga diadukan Lukman (Manajer HRD) dan David Simatupang (Managing Editor). Ketiganya dituduh melakukan penggelapan.

Diduga BusinessWeek tak hanya menggelapkan dana milik Parlindungan. Data terbaru yang didapatkan pada 10 Februari lalu menyatakan secara keseluruhan pembayaran oleh perusahaan tersebut berlangsung hanya sampai September 2009. Dengan demikian sangat besar kemungkinan dana milik puluhan karyawan lainnya juga ikut digelapkan.

Dengan pengaduan ini, Parlindungan berharap akan ada efek jera pada Robert Eskapa dan manajemen BusinessWeek lainnya untuk tidak semena-mena memperlakukan karyawannya. Kepatuhan terhadap ketentuan perundangan adalah keharusan apalagi dia adalah seorang warga negara asing.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

Comments

2 Responses to “Bloomberg BusinessWeek Indonesia Gelapkan Dana Jamsostek”

  1. jojo
    February 18th, 2011 @ 5:26 am

    Maju terus Lindung, perjuangkan hakmu, sebagai perlambang hak-hak jurnalis Indonesia..

  2. Umar
    February 18th, 2011 @ 2:14 pm

    Di akta perusahaan, diduga kuat, yg tercatat sebagai pemilik adalah supir dan pembantu Robert Escapa. Anak seorang penulis terkenal Inggris itu sebenarnya sudah punya niat jelek dari awal dalam berbisnis media di sini.

Leave a Reply





About

This is an area on your website where you can add text. This will serve as an informative location on your website, where you can talk about your site.

Subscribe to our feed

Search

Admin

Switch to our mobile site